UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA SMP DI SURABAYA UTARA

FATTUBERTY, FANEZ HALIDA SILMY (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK SISWA SMP DI SURABAYA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (276kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara self efficacy dan self regulated learning dengan penyesuaian akademik siswa SMP di Surabaya Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa SMP di Surabaya Utara. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain skala self efficacy, self regulated learning, dan penyesuaian akademik dengan menggunakan model skala Likert. Metode analisa data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisa didapatkan nilai R1-2-y = 0,543 dan p = 0,000 yang berarti lebih kecil dari signifikansi kesalahan 5% (0,005). Hal ini menunjukkan bahwa self efficacy dan self regulated learning secara bersama-sama mempengaruhi penyesuaian akademik siswa SMP di Surabaya Utara, yang artinya semakin tinggi self efficacy dan self regulated learning, maka akan semakin baik penyesuaian akademiknya. Saat kedua variabel diuji secara terpisah, hasil uji antara self efficacy dengan penyesuaian akademik menunjukkan tidak adanya hubungan dengan koefisien sebesar 0,039 dengan taraf signifikansi 0,571, sedangkan pada hasil uji variabel self regulated learning dengan penyesuaian akademik menunjukkan hubungan positif dengan koefisien sebesar 0,540 dengan taraf signifikansi 0,000. Variabel yang paling berpengaruh terhadap penyesuaian akademik, yaitu self regulated learning dengan sumbangan efektif sebesar 39%. Sedangkan, variabel self efficacy hanya sebesar 5,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self efficacy, self regulated learning, dan penyesuaian akademik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 07. Fakultas Psikologi > Prodi Psikologi
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:16
Last Modified: 14 Oct 2019 07:16
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item