UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN SURABAYA

LAILY, ROCHMATUL (2019) PENGARUH METODE PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (799Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (289Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (475Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (504Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (283Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (180Kb)

              Abstract

              Permainan kartu bergambar merupakan salah satu metode bermain yang cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan membaca awal pada anak. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca awal anak dalam menggunakan metode permainan kartu bergambar dan pengaruh metode permainan kartu bergambar terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis dari data-data yang telah dikumpulkan. penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sempel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara rendom, pengumpulan data mengunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Surabaya dengan jumlah anak 20 siswa. Hasil analisis bahwa hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan metode permainan kartu bergambar terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Surabaya adalah tidak benar. Menghasilkan ada perbedaan antara data pre test dan post test sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode permainan kartu bergambar terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Surabaya.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: permainan anak usia dini, kartu bergambar, membaca awal.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 23 Oct 2019 15:24
              Last Modified: 23 Oct 2019 15:24
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3775

              Actions (login required)

              View Item