UMSurabaya Repository

THE EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL CHAINS METHOD IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT TO ANALYSE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS

AL-JIHADIYAH, DIEN FATHIN (2019) THE EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL CHAINS METHOD IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT TO ANALYSE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (741Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (215Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (461Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (272Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (477Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (258Kb)

              Abstract

              Metode rantai instruksional adalah metode analisis untuk menangkap dan menggambarkan tindakan instruksional utama yang dilakukan oleh guru menulis untuk mendorong kontekstualisasi penulisan argumentatif melalui pendekatan pembelajaran yang berorientasi proses. Ini bertujuan untuk menguji efektivitas menggunakan metode rantai instruksional untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa dan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain penelitian adalah desain eksperimen semu yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dimulai pada tanggal 3 hingga 30 April 2019 di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Partisipan penelitian adalah XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Selanjutnya, peneliti melakukan pre-test dan post-test serta kelas observasi. Hasil tes dihitung dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Metode Rantai Instruksional terbukti karena 3 aspek; skor rata-rata dari kedua kelas; Hasil perhitungan uji-T; dan perhitungan para siswa yang lulus nilai lulus bahasa Inggris; Dapat dilihat bahwa menggunakan metode rantai instruksional efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa dalam belajar teks eksposisi hortatory. Di sisi lain, ini menunjukkan bahwa siswa harus berpikir kritis untuk membuat penilaian, dan menerapkan materi dengan kehidupan nyata.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi Hortatory, Metode Rantai Instruksional, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 23 Oct 2019 17:01
              Last Modified: 23 Oct 2019 17:01
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3777

              Actions (login required)

              View Item