UMSurabaya Repository

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN SALAH SATU ANGGOTA KELUARGA MENDERITA DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TAMBAK WEDI KENJERAN SURABAYA

Nisa’, Khikmatun and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes and Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep (2014) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN SALAH SATU ANGGOTA KELUARGA MENDERITA DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS TAMBAK WEDI KENJERAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (360Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (32Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (151Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (107Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (28Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (18Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2192Kb)

                Abstract

                Pola hidup masyarakat yang cenderung semakin meningkat, berbagai macam penyakit semakin dikenal oleh masyarakat. Angka kejadian di puskesmas Tambak Wedi pada tahun 2012 menempati urutan ke 2 dan pada tahun 2013 menempati urutan ke 3. Tujuan penelitian ini adalah mampu melakukan asuhan keperawatan keluarga pada Ny.W di Puskesmas Tambak Wedi Kenjeran Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penulisan deskriptif dalam bentuk asuhan keperawatan dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan anamnase, observasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium. Asuhan keperawatan keluarga dilaksanakan di Puskesmas Tambak Wedi Kenjeran Surabaya pada tanggal 16 Juni sampai 10 juli 2014. Hasil asuhan keperawatan keluarga pada Ny.W dengan diabetes mellitus didapatkan tiga diagnosa keperawatan yaitu Peningkatan kadar gula darah berhubungan dengan ketidak mampuan keluarga mengenal diit diabetes mellitus, Resiko terjadinya infeksi berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota yang sakit, kurangnya perawatan rumah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memelihara lingkungan rumah yang sehat. Selanjutnya dilakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi keperawatan. Kesimpulan dari asuhan keperawatan selama 25 hari pada Ny.W dengan diabetes mellitus adalah tujuan yang tercapai dengan diagnosa Kurangnya perawatan rumah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memelihara lingkungan rumah yang sehat, penigkatan kadar gula darah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal pengelolaan diit diabetes mellitus, dan dengan diagnosa resiko terjadinya infeksi berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit. Untuk itu peran perawat yang meliputi pendidik, pelaksana, pengawas kesehatan, konsultan, kolaborator dengan petugas puskesmas untuk memelihara kesehatan keluarga, sehingga dapat meningkatkan status kesehatan pada keluarga. Kata Kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Diabetes Mellitus.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Keperawatan
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 08 Nov 2017 19:44
                Last Modified: 08 Nov 2017 19:44
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/383

                Actions (login required)

                View Item