UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

PUTRI, RINDA PERDANA (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (270Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (111Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (193Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (133Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (198Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (82Kb)

              Abstract

              Rendahnya kualitas hasil belajar yang dapat ditandai oleh pencapaian prestasi belajar yang belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal belajar. guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah yang berada di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dan bertempat di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas belajar mencapai 86,7% dari jumlah peserta didik 30 orang. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan skor sebesar 0,6. Respon peserta didik termasuk kategori positif karena rata-rata prosentasenya 73,75% yang menunjukkan peserta didik akan selalu bertanggung jawab dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan guru, akan selalu konsisten bertanya jika tidak mengerti penjelasan dari guru, jujur ketika mengerjakan tugas, konsentrasi belajar dalam pelajaran matematika, mengerjakan tugas-tugas matematika, memerlukan waktu sebentar untuk belajar matematika, mendapatkan nilai bagus dalam pelajaran matematika dan mudah mengikuti pelajaran matematika.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: PBL dan PTK
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 27 Oct 2019 17:18
              Last Modified: 27 Oct 2019 17:18
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3874

              Actions (login required)

              View Item