UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CR-DET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

NOVITASARI, RIZKA WAHYU (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CR-DET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (599Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (205Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (862Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (610Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (761Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (119Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran CR-DET pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, instrumen yng digunakan adalah soal tes hasil belajar,RPP, LKS, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada pertemuan KD 1 dan KD 2 dengan menggunakan media CR-DET telah memenuhi waktu ideal dari delapan indikator; (2) Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan ke-1 rata-rata sebesar 3,56 dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan ke-2 rata-rata total sebesar 3,50 dengan kategori sangat baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 80% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara individu; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa respon siswi positif. Sehingga Penggunaan Media CR-DET efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Media CR-DET; Pembelajaran Kooperatif Learning.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 27 Oct 2019 19:01
              Last Modified: 27 Oct 2019 19:01
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3876

              Actions (login required)

              View Item