UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 BENJENG GRESIK MELALUI MEDIA PERMAINAN SIRKUIT MATEMATIKA

USTAMI, SRI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 BENJENG GRESIK MELALUI MEDIA PERMAINAN SIRKUIT MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (947Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (148Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (398Kb)
        [img] PDF (Bab 5)
        Restricted to Registered users only

        Download (87Kb)
          [img] PDF (Bab 3)
          Restricted to Registered users only

          Download (248Kb)
            [img] PDF (Bab 4)
            Restricted to Registered users only

            Download (1205Kb)

              Abstract

              Pembelajaran matematika hendaknya dirancang baik agar tujuan dari kegiatan belajar dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan. Penggunaan media pembelajaran matematika di sekolah belum optimal, oleh karena itu peneliti melakukan pembelajaran menggunakan media permainan sirkuit matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan media permainan sirkuit matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Benjeng Gresik tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyan 8 Benjeng Gresik setelah pembelajaran menggunakan media permainan sirkuit matematika pada materi menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang mengalami peningkatan. Banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70%. Mengalami peningkatan menjadi 83% pada siklus II. Respon siswa terhadap penggunaan media permainan sirkuit matematika sangat positif sebesar 84%.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; media permainan sirkuit matematika
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 28 Oct 2019 21:48
              Last Modified: 28 Oct 2019 21:48
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3877

              Actions (login required)

              View Item