UMSurabaya Repository

Penerapan Metakognitif dalam Media Pembelajaran

Puspitasari, Ika (2019) Penerapan Metakognitif dalam Media Pembelajaran. Jurnal Tadarus (Jurnal Pendidikan Islam), 8 (1). pp. 72-81. ISSN 2089-9076

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
Download (552Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Hasil Cek Plagiasi )
    Download (3562Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Peer Review )
      Download (9Mb) | Preview

        Abstract

        Dalam arti yang lebih substansial, proses pembelajaran diharapkan mampu memperluas keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan mengintensifkan kemampuan metakognitifnya. Pertanyaan yang muncul untuk dikaji adalah 1) bagaimana penerapan metakognitif dalam pembelajaran. 2) bagaimana peran media pembelajaran, 3) bagaimana penerapan metakognitif dalam media pembelajaran. Pentingnya penerapan metakognisi dalam pembelajaran telah dilaporkan oleh beberapa peneliti, salah satunya menurut Livingston (1997) metakognisi memiliki peranan penting dalam keberhasilan belajar, oleh karena itu penting mempelajari aktivitas dan pengembangan metakognisi untuk menentukan bagaimana siswa dapat diajar sehingga mereka dapat menerapkan sumber-sumber pengetahuan dengan lebih baik melalui pengontrolan metakognisinya. Pengembangan kecakapan metakognisi pada siswa merupakan suatu tujuan pendidikan yang sangat berharga, karena kecakapan itu dapat membantu mereka menjadi pelajar yang dapat mengatur diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap kemajuan belajar diri sendiri serta beradaptasi terhadap strategi belajar untuk mencapai tuntutan tugas. Langkah pelaksanaan metakognitif dalam pembelajaran berdasarkan John Flavell adalah 1) aktivitas merencanakan, 2) menyusun tujuan, 3) evaluasi dan monitoring proses ( refleksi ), 4) menyusun strategi. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian peserta didik sehingga proses belajar peserta didik terjadi dan dapat mendorong peserta didik belajar lebih baik pada dirinya. Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya bagian yang harus mendapatkan perhatian guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran, oleh karena itu pendidik perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Metakognitif, Media Pembelajaran
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Jurnal > Fakultas Agama Islam
        Depositing User: IKA PUSPITASARI PUSPITASARI
        Date Deposited: 11 Nov 2019 18:53
        Last Modified: 11 Nov 2019 18:53
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3894

        Actions (login required)

        View Item