UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (Team Assisted Individualization) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Ermawati, Ermawati and Dra. Chusnal Aini, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (Team Assisted Individualization) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (657Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (198Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (378Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (398Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (566Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (90Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran TAI (Team Assisted Individulization) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu dilaksanakan uji instrumen. Uji instrumen ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Amal Surabaya pada kelas VIII A. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji t satu pihak, diperoleh bahwa t_tabel= 2,048 ≤ t_hitung=8,638 , maka H_(1 )diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berpegaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci: model pembelajaran TAI , prestasi belajar

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 12:44
              Last Modified: 28 Sep 2017 09:39
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/39

              Actions (login required)

              View Item