UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SMP HIDAYATUL UMMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AZHARI, CINDY (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SMP HIDAYATUL UMMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (585Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (159Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (257Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (559Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1053Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (150Kb)

              Abstract

              Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VIII, keterampilan menulis siswa di SMP Hidayatul Ummah masih rendah dan belum mampu mencapai KKM. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari siswa dan faktor dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII SMP Hidayatul Ummah Tahun Pelajaran 2017/2018, untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII SMP Hidayatul Ummah Tahun Pelajaran 2017/2018, untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, yaitu siklus I dn siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Hidayatul Ummah, sedangkan objeknya adalah media gambar dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa. Pada siklus I nilai tes keterampilan menulis teks berita melalui media gambar memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,93 atau dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai angka sebesar 75,27. Dari hasil tes siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,34%.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, media gambar.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 31 Oct 2019 22:35
              Last Modified: 31 Oct 2019 22:35
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3904

              Actions (login required)

              View Item