UMSurabaya Repository

Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Tipe Think Pair Share

Fitriyanti, Intan (2019) Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Tipe Think Pair Share. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (863Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (359Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (422Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (481Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1172Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (240Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (3581Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan tipe Think Pair Share, serta mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan tipe Think Pair Share pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Ma’arif 7 Banjarwati Lamongan. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan modifikasi dari Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X IPA MA Ma’arif 7 Banjarwati Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik Uji-T. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sig sebesar 0,04 (ƿ<α) dan hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig sebesar 0,04 (ƿ<α) maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir antara model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan tipe Think Pair Share (2) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan tipe Think Pair Share (3) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples maupun tipe Think Pair Share dalam kategori sangat baik.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples, Kooperatif tipe Think Pair Share, Kemampuan berpikir kritis, Hasil belajar kognitif
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 02 Dec 2019 23:11
                Last Modified: 02 Dec 2019 23:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3954

                Actions (login required)

                View Item