UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA

Hanum, Farida and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (744Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (190Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (398Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (251Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (317Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (116Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (8Mb)

                Abstract

                Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 13 adalah karena kemampuan siswa dalam menguasai materi matematika masih rendah dan keaktifan siswa dalam menjawab permasalahan masih rendah sehingga siswa cenderung pasif. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa, aktivitas siswa, respon siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving, meningkatnya kemampuan siswa dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil analisa data kemampuan siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata 69, meningkat sebesar 6% dari nilai (UTS) semester genap dan dari siklus II meningkat 16% dari siklus I dengan rata-rata 80. Hasil analisis aktivitas siswa teliti dalam menyelesaikan masalah dengan memperoleh presentase terbesar, yaitu 20%. Respon siswa menunjukkan persentase 92,3% siswa berminat mengikuti pembelajaran matematika. Kata Kunci : Thinking Aloud Pair Problem Solving, kemampuan siswa.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 27 Sep 2017 12:47
                Last Modified: 28 Sep 2017 09:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/40

                Actions (login required)

                View Item