UMSurabaya Repository

RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Mentari, Dwi Ayu and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak and Dra. Siti Salbiyah, M.Kes (2015) RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (457Kb)
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1844Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (5Mb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (2293Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (11Mb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (412Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (11Mb)

                Abstract

                Informasi tentang laba sangat penting bagi pihak stakeholder dalam pengambilan keputusan ekonomi. Karena laba mencerminkan hasil kinerja perusahaan. Semakin besar laba yang dihasilkan maka semakin baik penilaian kinerja atas perusahaan tersebut. Keadaan ekonomi yang tidak stabil menyebabkan naik turunnya laba yang akan diperoleh perusahaan untuk itu penting dilakukannya prediksi laba. Salah satu cara untuk memprediksi perubahan laba yaitu dengan analisis rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan secara silmultan dan parsial dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan food and baverage yang go public di Bursa Efek Indonesia. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio CR, CaR, QR, DER, LR, GPM, NPM, ROA, ROE, IT, dan TAT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS versi 16. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan food and baverage yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2014. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa rasio keuangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan food and baverage yang go public di Bursa Efek Indonesia dengan nilai signifikasi sebesar 60,9 %. Sedangkan secara parsial terdapat 4 rasio yang berpengaruh terhadap perubahan laba yaitu Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE). Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah jumlah rasio keuangan yang telah digunakan, untuk memperoleh kesimpulan yang lebih akurat. Kata Kunci: Rasio Keuangan, Perubahan laba, Perusahaan Food and Baverage.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 09 Nov 2017 10:41
                Last Modified: 09 Nov 2017 10:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/405

                Actions (login required)

                View Item