UMSurabaya Repository

Analisis Pembebanan Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Terhadap Kinerja Mesin Mitsubishi S16R-PTA-S

Sholihuddin, Achmad Nizar (2020) Analisis Pembebanan Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Terhadap Kinerja Mesin Mitsubishi S16R-PTA-S. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2215Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (1362Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (2832Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (2333Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1603Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (1354Kb)

              Abstract

              Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) adalah pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak mula (prime mover) untuk menghasilkan energi mekanis yang diperlukan untuk memutar rotor generator guna menghasilkan energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jumlah beban kecil, terutama pada daerah baru yang terpencil atau listrik pedesaan dan memasok kebutuhan listrik suatu pabrik. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian laju konsumsi bahan bakar dengan variasi pembebanan pada mesin pembangkit merk Mitsubishi tipe S16R-PTA-S. Lalu dipelajari berapa beban yang optimal untuk mesin pembangkit tersebut guna mendapatkan sfc yang paling efisien. Bahan bakar yang digunakan adalah biosolar pembangkit listrik B30 dan variasi beban yang diberikan yaitu: 200 kW, 400 kW, 600 kW, 800 kW dan 1000 kW dengan masing-masing beban diuji selama 1 (satu) jam. Sfc mesin pembangkit diukur menggunakan rumus berat bahan bakar dibagi dengan beban efektif mesin dan juga menggunakan rumus volume bahan bakar yang terpakai dibagi dengan kWh listrik yang diproduksi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa semakin optimal beban mesin pembangkit maka semakin efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Begitu juga dengan torsi mesin akan semakin naik seiring dengan kenaikan beban. Beban optimal untuk mesin merk Mitsubishi tipe S16R-PTA-S adalah 1000 kW dan dengan beban tersebut parameter operasi mesin pembangkit masih dalam kondisi normal.

              Item Type: Thesis (Undergraduate)
              Uncontrolled Keywords: Mesin diesel, kinerja, pembangkit listrik, sfc
              Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
              Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
              Fakultas Teknik > Teknik Mesin
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 24 Feb 2020 17:16
              Last Modified: 24 Feb 2020 17:16
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4075

              Actions (login required)

              View Item