UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS VII DI SMP YP 17 SURABAYA

Sekarmirah, Hayuningtyas and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS VII DI SMP YP 17 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (755Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (123Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (743Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (179Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (231Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (100Kb)

              Abstract

              Penelitian dilakukan di SMP YP 17 dengan subyek siswa kelas VII-A. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desin penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes, dan angket. Dari hasil Observasi kelas VII-A pada saat penelitian mengalami peningkatan. Pada siklus II, 50% dari jumlah indiktor siswa dapat meningkat pada indikator siswa berani bertanya pada guru jika ada kesulitan sebesar 4,99%, indikator siswa membaca LKS/ sumber belajar lainnya sebesar 5,68%, berdiskusi dengan teman/guru sebesar 4,91, dan siswa percaya diri dalam menyampaikan pendapat/kritik/saran kepada teman/guru sebesar 5,84%. Pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata siswa dalam satu kelas sebelum tindakan sebesar 55,86 atau 15 siswa dinyatakan tuntas meningkat dngan rata-rata siswa dalam satu kelas menjadi 64,29 atau sebanyak 20 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus sebanyak 25 siswa tuntas dengan rata-rata keseluruhan dalam satu kelas 72,57. Respon siswa saat pembelajaran dikatakan baik dengan rata-rata siswa menjawab pernyataan setuju sebanyak 80,71%. Kata kunci : Aktivitas siswa, Model pembelajaran group investigation dengan media mind mapping.

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 13:30
              Last Modified: 28 Sep 2017 09:05
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/41

              Actions (login required)

              View Item