UMSurabaya Repository

HUBUNGAN PENGGUNAAN MASKER TERHADAP GEJALA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS (ISPA) PADA PETUGAS DINAS KEBERSIHAN DI WILAYAH SURABAYA SELATAN

Farohima, Lies Tazkiyah Alifatun and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes and Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns., M.Kes (2016) HUBUNGAN PENGGUNAAN MASKER TERHADAP GEJALA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN ATAS (ISPA) PADA PETUGAS DINAS KEBERSIHAN DI WILAYAH SURABAYA SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (242Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (98Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (505Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (538Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (300Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (77Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Banyaknya penyakit yang mengancancam petugas Dinas Kebersihan, terutama pada petugas penyapu jalan seperti penyakit pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh debu dan polusi yang ada di lingkungan kerja dan juga disebabkan kurangnya penggunaan APD masker. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan penggunaan Masker terhadap gejala infeksi saluran pernapasan atas pada petugas dinas kebersihan di Wilayah Surabaya Selatan. Desain penelitian Analitik Korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah polpulasi 96 dan didapatkan sampel 52 dengan teknik sapling Cluster Random Sampling. Istrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan wawancara menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar termasuk dalam kategori ada gejala sebanyak 29 responden (56%) dan sebagian kecil tergolong tidak ada gejala sebanyak 23 responden (44%). Sedangkan hasil penelitian terkait penggunaan masker pada petugas penyapu jalan di Wilayah Surabaya Selatan tergolong kurang yaitu sebanyak 33 responden (63%) dan tidak ada responden yang tegolong baik (0%). Berdasarkan hasil dari Uji chi-Square dengan menggunakan SPSS 21 didapatkan nilai significancy ρ =0,008 dan nilai Contigency Coefficient X2 = 0,347 nilai ρ = 0,008 < α= 0,05. Sehingga ada hubungan yang signifikan antara penggunaan masker dengan gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam meningkatkan pengetahuan dan menciptakan sikap yang harus dilakukan pekerja dinas kebersihan untuk mematuhi peraturan perusahaan tentang pemakaian APD berupa masker sebagai usaha mencegah penyakit akibat pekerjaan. Kata kunci : Penggunaan Masker, Gejala Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), Petugas Dinas Kebersihan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: ika
                Date Deposited: 09 Nov 2017 12:00
                Last Modified: 09 Nov 2017 12:00
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/417

                Actions (login required)

                View Item