UMSurabaya Repository

Pengembangan Bahan Ajar Keperawatan Dasar Berbasis Objective Structure Clinical Examination (Osce) Dalam Meningkatan Kemampuan Skill Lab

Uliyah, Musrifatul and Hidayat, Dr. A.Aziz Alimul and Wahyudi, Norfianta Heri and Haj, Moh. Amirul Pengembangan Bahan Ajar Keperawatan Dasar Berbasis Objective Structure Clinical Examination (Osce) Dalam Meningkatan Kemampuan Skill Lab. Fakultas Ilmu Kesehatan.

[img]
Preview
PDF (laporan penelitian)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai besar (73,2%) mahasiswa diploma III keperawatan memiliki nilai cukup dalam praktik klinik keperawatan, hal tersebut masih belum memenuhi standar nilai yang diharapkan dalam praktik keperawatan, yaitu standar baik. Apabila permasalahan tersebut tidak segera diatasi maka dapat mempengaruhi kelulusan uji kompetensi nasional perawat, dan berdampak pada kualitas lulusan Perawat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan proses pembelajaran yang berorientasi pada praktik, salah satunya melalui penggunaan bahan ajar berbasis objective structure clinical examination (OSCE). Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan pengembangan bahan ajar keperawatan dasar yang tepat dengan berbasis pada objective structure clinical examination (OSCE) 2) menguji hasil pengembangan bahan ajar keperawatan dasar yang berbasis objective structure clinical examination (OSCE) dalam meningkatkan kemampuan skill lab mahasiswa Diploma III keperawatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rmetode research and development. Yang dilakukan dalam enam tahap penelitian, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan deskripsi hasil penelitian. Subyek penelitian adalah bahan ajar keperawatan dasar dengan sumber data mahasiswa program studi diploma 3 keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Akademi keperawatan Adi Husada, Stikes RKZ Surabaya. Sumber data validasi prototipe bahan ajar adalah dosen keperawatan dasar dari tiga Perguruan Tinggi. Hasil penelitian bahan ajar ini berisi 5 bab, diantaraanya bab 1 tentang kebutuhan oksigen dan prosedur tindakan keperawatan, bab 2 tentang kebutuhan cairan dan prosedur tindakan keperawatan, bab 3 tentang kebutuhan nutrisi dan prosedur tindakan keperawatan, bab 4 tentang kebutuhan eliminasi dan prosedur tindakan keperawatan, dan bab 5 berisi kebutuhan aktivitas dan prosedur tindakan keperawatan, yang disertai glosarium dan daftar pustaka. yang ditulis dalam sebuah buku dengan ukuran A4 sebanyak 130 halaman, dengan jenis tulisan arial. Judul buku yang dihasilkan adalah keperawatan dasar dan strategi menyelesaian kasus yang dilengkapi rangkuman dan contoh kasus OSCE dengan strategi penyelesaian serta uji kompetensi dengan langkah mengerjakan soal yang runtut dan mudah di pahami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah teridentifikasinya komponen isi bahan ajar berbasis OSCE. Sudah dihasilkan draf awal dari penelitian dengan model pengembangan bahan ajar berbasis OSCE.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: objective structure clinical examination (OSCE), Keperawatan, skill lab
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: DEDE NASRULLAH NASRULLAH
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:23
Last Modified: 03 Sep 2020 07:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item