UMSurabaya Repository

ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PIUTANG PELANGGAN TERHADAP PENCAPAIAN TARGET TUNGGAKAN PADA PT. PLN (Persero) RAYON KRIAN

Yussita, Putri and Drs. Misrin Hariyadi, SE, M.Ak and Andy Wardhana, SH, M.Si (2015) ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PIUTANG PELANGGAN TERHADAP PENCAPAIAN TARGET TUNGGAKAN PADA PT. PLN (Persero) RAYON KRIAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (309Kb)
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (23Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (42Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (83Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1144Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (56Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (12Mb)

                Abstract

                Masalah yang dianalisis pada penelitian ini adalah sistem informasi manajemen piutang pelanggan terhadap target tunggakan pada PT. PLN (Persero) Rayon Krian. Perusahaan dalam usahanya untuk memperoleh keuntungan dihadapkan pada masalah efektifitas pengelolaan modal kerja. Modal kerja pada perusahaan dapat berupa piutang. Piutang ini harus dikelola dengan baik agar mampu menaikkan keuntungan sesuai dengan target perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah manajemen piutang pelanggan sudah memenuhi target yang ditetapkan oleh PT. PLN (Persero) Area Sidoarjo atau belum. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen piutang pelanggan belum maksimal terbukti belum dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut terjadi karena kebijakan kredit yang diberikan oleh PT PLN (Persero) Rayon Krian kepada pelanggannya cukup longgar, terbukti dengan adanya denda yang ringan atas keterlambatan pembayaran. Pelaksanaan pemutusan belum maksimal, diduga adanya kerjasama antara petugas dengan pelanggan, sehingga petugas tidak tegas dalam melaksanakan pemutusan. Saran yang dapat disampaikan kepada perusahaan agar lebih baik kedepannya yaitu pemutusan sementara benar-benar dijalankan sesuai aturan yang berlaku. pelaksanaan pemutusan sementara diterapkan agar membuat pelanggan jera. Memberi penghargaan dan peringatan kepada petugas agar dapat memenuhi target yang ditetapkan. Manajemen sebaiknya melakukan proses monitoring pekerjaan secara periodik. Kata kunci : Piutang, Target

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 09 Nov 2017 14:45
                Last Modified: 09 Nov 2017 14:45
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/431

                Actions (login required)

                View Item