UMSurabaya Repository

Model Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Menuju Competitive Advantage

Hidayat, A.Aziz Alimul and Sukadiono, Sukadiono and Uliyah, Musrifatul and Sari, Sisca Mustika and SULADI, SULADI Model Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Menuju Competitive Advantage. Project Report. fakultas Ilmu Kesehatan.

[img]
Preview
PDF (laporan penelitian)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar (90,6%) mutu pendidikan keperawatan di Jawa Timur masih rendah (BAN-PT, 2012). Beberapa hal yang menjadi penyebab dari permasalahan tersebut adalah proses peningkatan mutu pada pendidikan keperawatan umumnya dilakukan masih secara partial/acak (random performance improvement) dan tidak terintegrasi dengan kebutuhan lulusan yang dirumuskan secara sistematik. Untuk itu solusi yang dapat dilakukan adalah melalui mencari model peningkatan mutu pendidikan keperawatan yang tepat dalam menuju competitive advantage. Penelitian ini bertujuan 1) menyusun model peningkatan mutu pendidikan keperawatan menuju competitive advantage, 2) menguji model peningkatan mutu pendidikan keperawatan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah menuju competitive advantage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. Sampel penelitian adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia sejumlah 16 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dipilih secara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner sejumlah 174 pertanyaan dan studi dokumentasi Hasil penelitian Profil Program Studi Pendidikan Keperawatan pada perguruan tinggi muhammadiyah di Indonesia menunjukkan rata-rata lama berdiri adalah 10 tahun, dengan status akreditasi B dan tingkat persaingan prodi se kota/kabaupaten adalah rata-rata lebih dari tiga perguruan tinggi yang menjadi pesaing Perguruan Tinggi. Berdasarkan analisis model peningkatan mutu pendidikan keperawatan menuju keunggulan bersaing pada perguruan tinggi Muhammaidyah dipengaruhi secara langsung oleh fokus proses pembelajaran dan operasional melalu perbaikan manajemen sumber daya manusia, selain itu sistem informasi juga berpengaruh langsung pada peningkataan mutu, juga mempengaruhi komponen proses mutu, seperti kepemimpinan, sumber daya manusia, fokus proses pembelajaran dan operasional. Untuk meningkatkan sumber daya manusia dipengaruhi secara langsung oleh perencanaan strategis yang baik. Perencanaan strategis secara langsung dipengaruhi oleh kepemimpinan. Dengan demikian dalam peningkatan mutu pendidikan keperawatan dapat ditingkatan peran kepemimpinan program studi dan sistem informasi yang baik, selain peningkatan manajemen sumber daya manusia. Kesimpulan Model peningkatan mutu pendidikan keperawatan secara langsung ditentukan oleh proses pembelajaran dan operasioal melalui manajemen sumber daya manusia. Selain sistem informasi, juga faktor perencanaan strategis, dan kepemimpinan. Hasil temuan dapat dikembangkan dalam program aplikasi anaalisis mutu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mutu, Pendidikan Keperawatan, Competitive Advantage
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: DEDE NASRULLAH NASRULLAH
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:22
Last Modified: 02 Sep 2020 06:22
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item