UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

Yuliana, Marissa and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Shoffan Shoffa, M.Pd. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (777Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (92Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (593Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (301Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (752Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (118Kb)

              Abstract

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantifatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil nilai uji t satu pihak, diperoleh posttest 1 dengan t_tabel=2,00 ≤ t_hitung= 3,35 dan posttest 2 dengan t_tabel= 2,00 ≤ t_hitung= 3,07 , maka H_(1 ) diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, (2) Hasil presentase angket respon siswa diperoleh bahwa (pada pernyataan angket positif) 29,4% siswa Sangat Setuju dan 61,3% siswa Setuju dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode mnemonik pada pelajaran matematika dengan materi Trigonometri, ini berarti banyak siswa pada kelompok kelas eksperimen merespon baik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mnemonik dikelas. Kata Kunci:Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, metode mnemonik, hasil belajar

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: L Education > L Education (General)
              L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 27 Sep 2017 15:04
              Last Modified: 27 Sep 2017 16:25
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/44

              Actions (login required)

              View Item