UMSurabaya Repository

ANALISIS TREND RASIO KEUANGAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN KOPERASI (STUDI KASUS PADA KPRI BINA SEJAHTERA KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK)

Rukiyah, Rukiyah and Drs, Ezif Fahmi M,Wasi’an, AK and Q. A’yun Nailufarh, SE, MEI (2015) ANALISIS TREND RASIO KEUANGAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN KOPERASI (STUDI KASUS PADA KPRI BINA SEJAHTERA KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (366Kb)
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (238Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (351Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (235Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (415Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (79Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1214Kb)

                Abstract

                Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Koperasi ini adalah kumpulan dari para pegawai Negeri Sipil dilingkungan Kecamatan Driyorejo penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja keuangan pada KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Driyorejo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara, dengan teknik perhitungan kuantitatif. Sedangkan untuk Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Rasio keuangan, yang terdiri dari : Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Rentabilitas. Hasil dari penelitian yang dilakukan menyimpulkan, bahwa kinerja KPRI Bina Sejahtera Kecamatan Driyorejo pada tahun 2011 – 2013 dilihat dari Rasio Likuiditas dengan nilai rata-rata 968% maka dapat dikatakan tergolong Sangat Likuid hal ini dipengaruhi oleh besarnya Aktiva Lancar dengan Hutang Lancar, dan ditinjau dari Rasio Solvabilitas dengan nilai rata-rata 320% maka dapat dikatakan tergolong Sangat Solvabel dalam hal ini dipengaruhi oleh besarnya total hutang dengan total aktiva, sedangkan Rasio Rentabilitas Modal Sendiri dengan nilai rata-rata 9,39% maka dapat dikatakan tergolong Efisien dalam hal ini dipengaruhi oleh besarnya Sisa Hasil Usaha dengan Modal Sendiri. Sedangkan Rentabilitas Ekonomi dengan nilai rata-rata 6,39% maka dapat dikatakan Tidak Efisien hal ini dipengaruhi oleh besarnya Sisa Hasil Usaha dengan Total Aktiva. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti menyarankan untuk melakukan analisis secara rutin agar dapat diketahui kekuatan dan kelemahan sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan untuk periode berikutnya. Kata Kunci : Laporan Keuangan, Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                H Social Sciences > HG Finance
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 09 Nov 2017 15:40
                Last Modified: 09 Nov 2017 15:40
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/440

                Actions (login required)

                View Item