UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya)

ROSALINA, MILLATA (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (503Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (262Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (348Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (178Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (284Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (90Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Penerapan metode dan peran guru dapat menentukan suatu keberhasilan pembelajaran terutama dalam bidang Al-Qur’an. Penggunaan metode Iqro’ dan Ummi yang diterapkan di TPA Kecamatan Sukolilo memiliki perbedaan. Ada beberapa TPA Kecamatan Sukolilo yang memilih menggunakan metode Iqro’ untuk mengajarkan anak-anak mempelajari Al-Qur’an karena dirasa lebih mudah dan praktis. Ada juga beberapa TPA Kecamatan Sukolilo yang merubah penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an yakni salah satunya yaitu metode Ummi, karena ingin lebih maju dan berkembanglagi. Fokus dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya, mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya, serta mengetahui dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra’ danUmmi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan dengan pola pikir/analisis komparatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an metode Iqro’ di TPA Kecamatan Sukolilo yang terdiri dari Tpa Syifa’ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob dan TPA Al-Musthofa dalam penerapannya tidak berdasarkan pada prosedur dari Iqro’ itu sendiri karena memang metode Iqro’ tidak memiliki lembaga pusat seperti metode lainnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo yang terdiri dari TPA Al-Ittihad dan TPA Fathurrohim dalam penerapannya sudah menggunakan standar dan prosedur dari lembaga Ummi Foundation. (3) Kelebihan metode Iqro’ diantaranya: menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar Siswa aktif), dalam penerapannya menggunakan privat; Komunikatif; boleh dengan sistem tadarus. Sedangkan kelemahan metode Iqro’ yaitu: bacaan-bacaan tajwid tak dikenalkan sejak dini, tak ada media belajar, dan tidak dianjurkan menggunakan irama murottal. Adapun kelebihan Metode Ummi diantaranya yaitu sistem yang berbasis mutu, tahapan yang sistematis, materi yang kontinu dan kontrol yang ketat. Sedangkan kelemahan Metode Ummi yaitu membutuhkan pengajar yang banyak, waktu yang lama serta biaya yangbesar.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Metode Iqro’ dan Ummi.
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 15 Oct 2020 13:51
                Last Modified: 15 Oct 2020 13:51
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4607

                Actions (login required)

                View Item