UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUTIARA BUNDA SURABAYA

FITRIYAH , NURUL (2020) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUTIARA BUNDA SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (632Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (448Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (388Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (377Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (972Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (189Kb)
              [img]
              Preview
              PDF (Lampiran)
              Download (615Kb) | Preview

                Abstract

                Penelitian dilatar belakangi masalah pendidikan, mulai dari lemahnya semangat belajar siswa, apatisnya siswa terhadap pelajaran, tidak kondusifnya proses pembelajaran serta maraknya game online siswa. Rumusan masalah tesis ini, Pertama, Bagaimana penggunaan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI. Mutiara Bunda Surabaya. Kedua, Bagaimana fungsi penggunaan sumber belajar di MI. Mutiara Bunda Surabaya. Ketiga, bagaimana dampak penggunaan sumber belajar di MI. Mutiara Bunda Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun Data Primer melalui wawancara pihak wakil kepala madrasah, guru dan siswa MI. Mutiara Bunda. Data sekunder dari literatur dan dokumen MI. Mutiara Bunda setelah semua data terkumpul dianalisis secara kualitatif, dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkanpenggunaan sumber belajar yang tepat dan maksimal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu pertama menggunakan Modul atau LKS, perpustakaan, internet, narasumber dan lingkungan. Kedua fungsi sumber belajar sebagai sumber informasi yaitu memotivasi, memberikan pengalaman menyeluruh dan menanamkan konsep baru kepada siswa didik. Ketiga dampak penggunan sumber belajar memberikan motivasi positif serta pengalaman belajar secara langsung. Faktor pendukung adanya kebijakan kepala madrasah, motivasi guru dan keluarga. Faktor penghambat terbatasnya sarana dan prasarana, waktu, serta rendahnya niat dan motivasi.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Penggunaan Sumber Belajar, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 15 Oct 2020 13:50
                Last Modified: 15 Oct 2020 13:50
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4656

                Actions (login required)

                View Item