UMSurabaya Repository

Penentuan Faktor Estimasi Jumlah Trombosit Pada Sediaan Apus Darah Tepi Pasien Trombositopenia Berdasarkan Perhitungan Jumlah Trombosit Di RS. Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan

Lestari, Rikha Andrias Wijiya (2017) Penentuan Faktor Estimasi Jumlah Trombosit Pada Sediaan Apus Darah Tepi Pasien Trombositopenia Berdasarkan Perhitungan Jumlah Trombosit Di RS. Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (375Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (100Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (314Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (119Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (357Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (91Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1430Kb)

                Abstract

                Pemeriksaan hitung trombosit yang akurat sangat diperlukan karena erat kaitannya dengan perdarahan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat perlu dilakukan pemeriksaan ulang secara estimasi menggunakan sediaan apus dara tepi (SADT). Penentuan faktor estimasi dapat mempermudah saat perhitungan trombosit dengan SADT. Pada penelitian ini dilakukan pada kasus trombositopenia karena kasus ini sering terjadi selain itu juga karena distribusi trombositnya relatif jarang sehingga lebih tepat jika dilakukan pada kasus tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan faktor estimasi jumlah trombosit pada sediaan apus darah tepi pasien trombositopenia berdasarkan perhitungan jumlah trombosit. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien rawat jalan dan rawat inap yang melakukan pemeriksaan trombosit di RS Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan dengan jumlah trombosit dibawah 100 x 103/µL darah sebanyak 30 sampel yang dipilih secara selektif dari populasi. Analisa data menggunkan tabulasi untuk mendapatkan faktor estimasi yang kemudian diuji menggunakan uji normalitas dan dilanjutkan uji T bebas untuk melihat ada atau tidak perbedaan hitung trombosit menggunakan faktor estimasi dan alat otomatis. Hasil hitung faktor estimasi untuk jumlah trombosit dibawah 100 x103/µL darah menggunakan Sysmex XN 1000 dan mikroskop CX 22 adalah19,5 yang artinya setiap 1 trombosit pada lapang pandang objektif 100x setara dengan 19,5 x 103/µL darah. Setelah diuji statistika dengan menggunakan uji T bebas di dapatkan nilai signifikan >0,05 yaitu 0,984 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan antara hasil hitung trombosit dengan menggunakan faktor estimasi dan alat otomatis, sehinga hitung trombosit menggunakan faktor estimasi dapat menjadi alternatif hitung trombosit dengan alat otomatis.

                Item Type: Thesis (Diploma)
                Uncontrolled Keywords: Sediaan apus darah tepi, jumlah trombosit, faktor estimasi
                Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
                Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Teknologi Laboratorium Medis
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 09 Nov 2017 16:53
                Last Modified: 10 Aug 2018 11:58
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/467

                Actions (login required)

                View Item