UMSurabaya Repository

Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Kauny Quantum Memory Pada Mata Pelajaran Al-Islam Kelas XII IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya

Ulfa, Maria (2018) Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Kauny Quantum Memory Pada Mata Pelajaran Al-Islam Kelas XII IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2547Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (1896Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (1926Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (1529Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (1829Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (1486Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1325Kb)

                Abstract

                Dalam Menghafal Al-Qur’an terdapat Berbagai macam metode yang digunakan, akan tetapi dampak dari menghafal tersebut yang sering kali menjadi bahan evalusi, apakah hafalan yang dihafal tahan lama atau hanya ingat beberapa saat saja. Salah satu metode menghafal al-Qur’an yaitu metode Kauny Quantum Memory yang melatih menghafal tanpa harus banyak berpikir dan menjadikan hafalan tahan lama untuk diingat. Menghafal dengan membuat ilustrasi dan menggunakan otak kanan adalah salah satu cara menghafal yang akan bertahan lama tersimpan di memory. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dalam dua siklus serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wwancara dengan guru Al-Islam kelas XII IPA 2, dokumentasi, tes dan angket pada peserta didik. Dari hasil penelitian, proses pembelajaran menggunakan metode Kauny Quantum Memory pada mata pelajaran Al-Islam materi Hidup Inklusif menurut Al-Qur’an adalah Adanya peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Islam kelas XII IPA 2 setelah diterapkannya metode Kauny Quantum Memory, dapat dilihat pada Pra siklus siswa mendapatkan nilai 65,93% dengan kategori Cukup, pada siklus I mengalami peningkatan nilai yang diperoleh 71,87% dengan kategori Baik, pada Siklus II mengalami peningkatan nilai yang diperoleh 72,81% dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat 10% dengan memperoleh nilai rata rata 82,81 dalam kategori sangat baik

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal Al-Qur’an, Metode Kauny Quantum Memory
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > L Education (General)
                Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 16 Oct 2020 10:42
                Last Modified: 16 Oct 2020 10:42
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4674

                Actions (login required)

                View Item