UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

ABIDIN, MUHAMMAD ZAINAL (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (923Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (241Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (552Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (218Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (646Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (93Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1187Kb)

                Abstract

                Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah dalam mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan edutainment. Dengan adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengedukasi dan menghibur, maka peserta didik dapat menerimanya dengan cepat dalam daya ingatnya.Peserta didik juga mampu merespon hasil materi dengan lebih aktif dan kreatif.Tujuan dari penelitian ini dapat menerapkan pendekatan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun data primer melaului wawancara dari pihak kepala sekolah, Guru SD Muhammadiyah 10 Surabaya, dan peserta didik di SD Muhammadiyah 10 Surabaya.Adapun data Sekunder di dapat dari lieteratur dan dokumen SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentu diskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah, guru dan peserta didik saling mendukung akan pendekatan edutainment diterapkan di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Meski dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan, seperti harus menyelaraskan media dengan materi yang akan disampaikannya dan kurangnya fasilitas yang memadai serta kurangnya respon yang lebih fokus lagi dari peserta didiknya.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Edutainment, PAI
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 19 Oct 2020 10:57
                Last Modified: 19 Oct 2020 10:57
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4679

                Actions (login required)

                View Item