UMSurabaya Repository

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Ular Tangga di Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Wahyuni, Tri (2018) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Ular Tangga di Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini, akan membahas tentang pengimplementasian model TGT (Teams Games Tournament) dengan media ular tangga untuk peningkatan kualitas pembelajaran di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1) bagaimana kualitas pembelajaran mata pelajaran Al-Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media ular tangga di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya pada tahap Pra-Siklus? 2) bagaimana peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Al-Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media ular tangga di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya pada tahap siklus I? 3) bagaimana peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Al-Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media ular tangga di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya pada tahap siklus II? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan satu pra tindakan. Subjek penelitian penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan jumlah 25 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah hasil belajar siswa dan hasil observasi kualitas belajar siswa. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media ular tangga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa dari setiap siklusnya. Hasil prosentase dari pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukkan 32%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 60%, dan pada siklus II terus mengalami kenaikan dengan pencapaian 84%. Jika dilihat dari keaktifan belajar siswa, setiap kelompok mengalami peningkatan pembelajaran pada setiap indikator, hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran seperti yang diharapkan.  

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kualitas pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Media ular tangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2020 13:36
Last Modified: 20 Oct 2020 13:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item