UMSurabaya Repository

Pengaruh Sekolah Berbasis Pesantren Terhadap Kompetensi Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya

Rizqy, Zahmavia Shomaroh (2018) Pengaruh Sekolah Berbasis Pesantren Terhadap Kompetensi Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2361Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (1795Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (1747Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (1623Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (2355Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (1480Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (1563Kb)

                Abstract

                Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, berdasarkan surat ad-Dzariat ayat 56. Setiap anak berkewajiban belajar mengembangkan dan menggunakan kekuatan mental, moral dan fisik mereka dalam mencapai puncak impiannya. Sekolah berbasis pesantren merupakan salah satu solusi dalam mengembangkan kompetensi pendidikan agama islam peserta didik di era zaman modern. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep sekolah berbasis pesantren di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, (2) kompetensi pendidikan agama islam peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, dan (3) pengaruh sekolah berbasis pesantren terhadap kompetensi pendidikan agama islam peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil data secara obyektif dari lapangan. Peneliti menggunakan teknik penelitian sampel dengan subyek penelitian sebanyak 21 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Data yang yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep sekolah berbasis pesantren di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya adalah kurikulum yang bersifat integral, kegiatan ekstrakurikuler religi, metode pembelajaran setor hafalan, penafsiran, tarjamah dan studi wisata, kegiatan peningkatan pribadi sholeh/sholehah, karakteristik dalam pembiasaan bersikap dan berbusana (2) kompetensi pendidikan agama islam peserta didik di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya tergolong baik, (3) sekolah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sekolah berbasis pesantren terhadap kompetensi pendidikan agama islam peserta didik yang ditunjukkan pada hasil sebesar 25,03. Hasil ini jika dikonfirmasikan dengan menggunakan db 3 dalam taraf signifikan 5% maka harga chi kuadrat tabel adalah 7,815. Ternyata harga chi kuadrat lebih besar dari tabel nilai-nilai chi kuadrat (25,03 > 7,815). Sehingga menolak Ho dan menerima Ha, yang menyatakan ada pengaruh tinggi antara sekolah berbasis pesantren terhadap kompetensi peserta didik

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Sekolah Berbasis Pesantren, Kompetensi Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > L Education (General)
                Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 20 Oct 2020 13:42
                Last Modified: 20 Oct 2020 13:42
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4699

                Actions (login required)

                View Item