UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Jannah, Nafi’atun and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (859Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (163Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (881Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (323Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (437Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (87Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (13Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu dilaksanakan uji instrumen. Uji instrumen ini dilaksanakan di SMP Dharma Wanita 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji t satu pihak, diperoleh bahwa t_tabel=1,67 ≥ t_hitung=1,224, maka H_(0 )diterima.sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci: model pembelajaran AIR, hasil belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 28 Sep 2017 16:18
                Last Modified: 28 Sep 2017 16:18
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/47

                Actions (login required)

                View Item