UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PAI DI KELAS I SMK MUHAMMADIYAH 2 JEMUNDO SIDOARJO

HARIYONO, ABD. WAHID (2019) PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PAI DI KELAS I SMK MUHAMMADIYAH 2 JEMUNDO SIDOARJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (668Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (507Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (296Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (247Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (558Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (107Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (891Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan kondisi yang sebenarnya dari suatu peristiwa, peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan dalam kelas dan prestasi belajar siswa sebagai hasil dari penerapan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Improve pada mata pelajaran PAI Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau CAR (Classroom Action Research) yaitu suatu studi sistematik terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan prestasi belajar dengan melakukan tindakan tertentu. Dari hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Improve sesuai untuk diterapkan pada mata pelajaran PAI di kelas I SMK Muhammadiyah 2 Jemundo Sidoarjo pokok bahasan Pernikahan (Munakahat). Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Improve dapat terlaksana dengan baik, terbukti adanya peningkatan dalam setiap siklus.Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Improve dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 2 Jemundo Sidoarjo. Indikator peningkatan ini ditunjukkan oleh persentase seluruh indikator yang terdapat pada lembar panduan observasi aktivitas belajar siswa yang diamati dari siklus I dan siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Improve dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 2 Jemundo Sidoarjo.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Improve, Prestasi Belajar
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
                Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 21 Oct 2020 11:33
                Last Modified: 21 Oct 2020 11:33
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4706

                Actions (login required)

                View Item