UMSurabaya Repository

PSIKOTERAPI ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH

PATURAHMAN, ARIF (2019) PSIKOTERAPI ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1138Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (551Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (1000Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (448Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (790Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (189Kb)

              Abstract

              Bahwa yang melatar belakangi penulisan tesis ini, berawal dari fenomena kaum milenial yang pada kurun terakhir ini dirasa tidak adanya keseimbangan internal terhadap eksternal progresif, hingga menyebabkan perlu adanya reorientasi di tubuh pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan Islam. Sedangkan rumusan masalahnya ialah: pertama, bagaimana analisis teoritis tentang psikoterapi Islam dan pendidikan Islam ?, kedua, bagaimana perspektif Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah tentang psikoterapi dan pendidikan Islam ?, dan ketiga, bagaimana implikasi psikoterapi Islam dalam pendidikan Islam ? Konstruksi penelitian tesis ini dibangun dengan menggunakan tiga jenis pendekatan, diantaranya: pendekatan kepustakaan, pendekatan filosofis, dan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis. Dari ketiga pendekatan tersebut, Alhamdulillah penulis bisa menjelajah misteri literasi yang terdapat dalam data primer maupun sekunder, kemudian diselaraskan dengan analisa penulis sebagai suguhan intelektual yang menyehatkan untuk dinikmati oleh generasi milenial maupun yang akan datang. Adapun hasil dari serangkaian penelitian yang telah penulis lakukan selama kurun waktu enam bulan ini, menunjukkan bahwa: (1) Dengan memahami psikoterapi Islam, maka kita akan mengetahui tingkat masalah yang dihadapi setiap individu dalam lingkup pendidikan dari setiap fase perkembangan, sekaligus cara penanganannya. (2) Dengan adanya psikoterapi Islam ini, maka diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi oleh setiap individu. (3) Bagi orang tua, psikoterapi Islam sangat membantu dalam mendidik dan mengarahkan putera-puterinya dengan mudah, hal ini dikarenakan psikoterapi Islam mengandung energi positif yang bersumber dari Nur Ilahiyah. (4) Khusus untuk para pendidik, tim pengajar atau guru, dengan memahami psikoterapi Islam dengan benar dan matang, maka sudah pasti dapat membantu memberikan sumbangsih pengajaran dengan baik dan efektif sekaligus preventif bila ada gejala yang timbul akibat proses transformasi alam.

              Item Type: Thesis (Masters)
              Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam, Pendidikan Islam dan Perspektif Ibnu Qayyim.
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
              Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
              Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
              Date Deposited: 22 Oct 2020 12:10
              Last Modified: 22 Oct 2020 12:10
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4709

              Actions (login required)

              View Item