UMSurabaya Repository

PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 21 Surabaya)

MUSTHOFA, AMIN (2019) PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 21 Surabaya). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (174kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Kerusakan karakter remaja yang sudah sangat memprihatinkan di era globalisasi ini. Mulai dari kenakalan seperti mencontek hingga tindak pidana berat seperti tawuran, membunuh sudah banyak dilakukan oleh remaja saat ini. Oleh karena itu, pembentukan karakter remaja di bangku sekolah sangatlah mendesak untuk dilakukan. Cara membentuk karakter tidaklah semudah yang dibayangkan. Diperlukan sebuah usaha yang berkesinambungan dan menyeluruh dalam membentuk karakter remaja. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penulisan tesis ini. Dalam hal ini, penulis menemukan adanya usaha yang berkesinambungan dan menyeluruh yang dilakukan guru ISMUBA (Al -Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) untuk membentuk karakter yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan; Pertama, mendeskripsikan Pendidikan Karakter yang ada di SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Dan yang kedua, mendiskripsikan materi ajar aqidah akhlak pada mata pelajaran ismuba. Ketiga, mendiskripsikan sejauh mana penguatan pendidikan karakter dalam materi ajar aqidah akhlak di SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 21 Surabaya dilaksanakan melalui (1) penambahan perangkat pembelajaran Aqidah Akhlak dengan nilai-nilai karakter; (2) terdapat analisis nilai-nilai karakter yang telah dipilih; (3) ada analisis KI dan KD dengan tingkat perkembangan peserta didik melalui analisis KI dan KD; (4) penggunaan metode, strategi, dan model pembelajaran pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran Aqidah Akhlak; (5) pengevaluasian dalam pembelajaran Aqidah Akhlak mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 22 Oct 2020 12:16
Last Modified: 22 Oct 2020 12:16
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item View Item