UMSurabaya Repository

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA

Oktania, Nidia Ari and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (863Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab I)
    Restricted to Repository staff only

    Download (138Kb)
      [img] PDF (Bab II)
      Restricted to Repository staff only

      Download (416Kb)
        [img] PDF (Bab III)
        Restricted to Repository staff only

        Download (283Kb)
          [img] PDF (Bab IV)
          Restricted to Repository staff only

          Download (423Kb)
            [img] PDF (Bab V)
            Restricted to Repository staff only

            Download (119Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya siswa menguasai materi pembelajaran matematika secara tuntas dan siswa tidak mampu menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis karena sulitnya guru dalam mengelola kelas, dan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu cara dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya.Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa, data kemampuan guru dan data respon siswa. Teknik pengumpulan data antara lain dengan teknik observasi, teknik tes dan teknik angket. Dari hasil penelitian, model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Pembelajaran berbasis Masalah dikatakan efektif yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan pembelajaran berbasis masalah berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest siswa 21% dari jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 75 meningkat menjadi 86% dari jumlah siswa,siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta ≥ 70% siswa merespon positif. Kata kunci: efektifitas, numbered head together, pembelajaran berbasis masalah

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 28 Sep 2017 16:27
                Last Modified: 28 Sep 2017 16:27
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/48

                Actions (login required)

                View Item