UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK MELALUI MUSIK GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TK AR RAHMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PURWATI, LULUK (2020) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI ANAK MELALUI MUSIK GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TK AR RAHMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (274Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (93Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (255Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (201Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (273Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (7Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (374Kb)

                Abstract

                Kecerdasan emosi adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan oleh anak usia dini. Penelitian dengan judul “Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Musik Gerak dan lagu pada Kelompok B di TK Ar Rahmah Surabaya Tahun Pelajaran 2019/2020” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana musik gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak di TK Ar Rahmah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah pokok yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengunpulan data menggunakan tiga prosedur yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan rumus statistik sederhana. Dalam penelitian ini hasil penelitian berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode musik gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Ar Rahmah Surabaya. Hal ini dibuktikan oleh hasil observasi peneilitan yang dilakukan mulai dari pra tindakan, siklus I sampai dengan siklus II. Observasi dan pengamatan yang sudah dilakukan menunjukan hasil 73,33%, artinya 11 anak dari 15 anak yang kecerdasan emosinya berkembang sesuai harapan dan sangat baik.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, musik gerak dan lagu
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
                Date Deposited: 30 Nov 2020 18:09
                Last Modified: 30 Nov 2020 18:09
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4920

                Actions (login required)

                View Item