UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS PADA KELAS IX MTS PONDOK PESANTREN AL-ISLAM TENGGULUN SOLOKURO LAMONGAN

DIN MUHAMMAD , ZAKARIYA (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS PADA KELAS IX MTS PONDOK PESANTREN AL-ISLAM TENGGULUN SOLOKURO LAMONGAN. Project Report. UMSURABAYA, SURABAYA.

[img]
Preview
PDF
Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) bidang studi Qur’an hadits pada kelas IX. (2) Mengetahui kualitas pembelajaran Qur’an hadits melalui model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) bidang studi Qur’an hadits pada kelas IX. (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Qur’an hadits pada kelas IX MTs Pondok pesantren Al-Islam Tenggulun Solokuro Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment, yaitu bermaksud mencari kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan memberikan perlakuan khusus terhadap kelompok coba dan membandingkan dengan kelompok banding dengan menerapkan treatment model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat). Penerapan model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) pada materi Qur’an hadits kelas IX MTs Pondok Pesantren Islam Al-Islam Tenggulun Solokuro Lamongan tergolong cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung, yaitu dari pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran Qur’an hadits dengan model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) dengan kategori cukup baik. Dan respon siswa terhadap model pembelajaran Accelerated Learning (pembelajaran yang dipercepat) yang dianalisis dengan perhitungan prosentase yaitu sebesar 90% Berdasar kriteria ketuntasan belajar maka model pembelajaran Accelerated Learning termasuk dalam kriteria tuntas. Luaran dari penelitian ini adalah: (1) Publikasi ilmiah di Jurnal Ilmiah lokal ber ISSN; (2) Prosiding makalah Seminar ilmiah; (3) Modul Model Pembelajaran Accelerated Learning dalam Pembelajaran Qur’an Hadits.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: DIN MUHAMMAD ZAKARIYA
Date Deposited: 03 Jan 2021 09:41
Last Modified: 03 Jan 2021 09:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item