UMSurabaya Repository

Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Wondershare Quiz Creator Pada Pembelajaran Matematika

Anggraini, Lala and Hidayatullah, Achmad and Suprapti, Endang (2020) Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Wondershare Quiz Creator Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2 (2). pp. 126-135. ISSN p-ISSN 2656-7431, e-ISSN 2656-7245

[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi )
Download (931kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan dan mengelaborasi pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching dengan media Wondershare Quiz Creator terhadap hasil belajar matematika pada kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian menggunakan metode True Experiment dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Data tes dikumpulkan melalui pretest dan posttest, dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta angket respon peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya (1) Berdasarkan uji t didapatkan rata-rata skor tes akhir pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol; (2) Aktivitas peserta didik paling dominan terjadi adalah aktivitas berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah dengan berdiskusi bersama kelompok dengan persentase sebesar 37%; (3) Aktivitas guru mendapat skor rata-rata 3,72 yang berarti sangat baik; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan skor 95,6%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran reciprocal teaching berbantuan wondershare quiz creator berpengaruh positif dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Matematika; Reciprocal Teaching; Wondershare Quiz Creator
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
Date Deposited: 23 Mar 2021 10:10
Last Modified: 09 Sep 2021 15:51
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5102

Actions (login required)

View Item View Item