UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMA MUHAMMADIYAH 2

Ulfi, Mohammad Syaifudin and Holisin, Iis and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DI SMA MUHAMMADIYAH 2. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 123-130. ISBN 9786237259121

[img]
Preview
PDF (Artikel Prosiding)
Download (956Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Hasil Cek Plagiasi Prosiding)
    Download (827Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Lembar Reviewer Prosiding Nasional)
      Download (214Kb) | Preview

        Abstract

        Permasalahan selama proses pembelajaran di Kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya adalah peserta didik kurang memperhatikan saat guru menerangkan di depan kelas, matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak mudah, memusingkan, dan tidak menarik, dan peserta didik kurang memiliki pengetahuan prayarat serta kurang mengetahui manfaat pelajaran matematika yang dipelajarinya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas, dan respon peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Blended Learning berbasis Schoology. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang berjumlah 32 peserta didik. Peneliti memilih kelas XI MIPA 5 sebagai subjek karena nilai Penilaian Akhir Semester matematika tergolong rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 58,60% meningkat menjadi 73,07% pada siklus II. Respon peserta didik yang memberikan respon positif memperoleh presentase rata-rata 74,14%, sedangkan yang memberi respon negatif memperoleh presentase rata-rata sebesar 25,83%.

        Item Type: Book
        Uncontrolled Keywords: Blended learning, Hasil belajar, Schoology.
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Q Science > QA Mathematics
        Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
        Date Deposited: 25 Mar 2021 00:11
        Last Modified: 09 Sep 2021 14:10
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5120

        Actions (login required)

        View Item