UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA

Pratomo, Kusaji and Suryaningtyas, Wahyuni and Suprapti, Endang (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA. Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 131-148. ISBN 9786237259121

[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (919Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Artikel Prosiding Nasional)
    Download (1179Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Hasil Cek Plagiasi)
      Download (1481Kb) | Preview

        Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X-MIA 1 Putra karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, nilai ketuntasan siswa masih rendah dan pada saat peneliti melakukan observasi di kelas X-MIA 1 Putra SMA Muhammadiyah X Surabaya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa data pra-siklus siswa yaitu data nilai pretest diperoleh sebesar 6% siswa tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific, diperoleh sebesar 64% siswa yang tuntas, hasil belajar siswa meningkat namun belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh sebesar 91 % siswa tuntas, maka hasil belajar siswa terdapat peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Angket respon yang didapat, setelah diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific diperoleh sebesar 72,73% dengan kriteria baik.

        Item Type: Book
        Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Scientific.
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Q Science > QA Mathematics
        Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: ENDANG SUPRAPTI SUPRAPTI
        Date Deposited: 25 Mar 2021 00:15
        Last Modified: 09 Sep 2021 14:42
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5122

        Actions (login required)

        View Item