UMSurabaya Repository

Pengembangan Materi Bahasa Inggris Keperawatan

Sulton Dedi Wijaya, , S.Pd, M.Pd. and Linda Mayasari, , S. Pd., M. Pd. (2016) Pengembangan Materi Bahasa Inggris Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula) - Other
Download (635Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Hasil Similarity Check) - Other
    Download (2869Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Peer Review Laporan PDP)
      Download (662Kb) | Preview

        Abstract

        Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi bahasa Inggris yang sesuai untuk mahasiswa keperawatan difakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Tema penelitian ini di pilih karena materi yang ada dan diajarkan belum mampu memenuhi standar dan kebutuhan mahasiswa dalam aspek teknis, muatan, dan praktek. Bahasa inggris untuk mahasiswa keperawatan ini merupakan mata kuliah yang harus di ambil mahasiswa mulai semester dua sampai semester tujuh untuk mahasiswa strata satu (S1) dan lima untuk mahasiswa diploma tiga (D3). Maka untuk menjaga kesinambungan materi yang diajarkan dalam semester tersebut harus jelas dan runtut. Materi yang akan di kembangkan ini nantinya akan digunakan oleh mahasiswa keperawatan semester dua sebagai mata kuliah pengantar (bridging material) dalam bentuk mata kuliah universitas (MKU). Mata kuliah pengantar ini didesain secara terintegrasi dengan memadukan antara General English dan English for Specific (ESP). MKU adalah mata kuliah wajib yang harus di tempuh mahasiswa pada semester yang telah di tentukan masing-masing program studi dan biasanya pada semester awal yaitu satu atau dua. Mahasiswa keperawatan harus mengambil MKU bahasa Inggris pada semester dua. Desain dan model penelitian pengembangan ini memakai model pengembangan Tomlinson (2011) yang terdiri dari yaitu; 1) identifikasi (identification); 2) eksplorasi (exploration); 3) realisasi kontekstual (contextual realisation); 4) realisasi pedagogis (pedagogical realisation); 5) produksi (production); 6) penggunaan oleh siswa (students’ use); dan 7) evaluasi (evaluation). Dengan menggunakan skala Likert data di analisa untuk mengetahui prosentase kesesuaian materi dengan kebutuhan mahasiswa keperawatan terhadap Bahasa Inggris. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah produk materi bahan ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa keperawatan yang di pakai di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

        Item Type: Other
        Subjects: P Language and Literature > PE English
        Divisions: Laporan Penelitian
        Depositing User: LINDA MAYASARI MAYASARI
        Date Deposited: 20 May 2021 14:23
        Last Modified: 29 Oct 2021 14:59
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5230

        Actions (login required)

        View Item