UMSurabaya Repository

“KUALITAS NUGGET SECARA ORGANOLEPTIK BERDASARKAN VARIASI KONSENTRASI BAHAN DASAR AMPAS TAHU DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA”

LIA MARLIANTI SEREN, LIA and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes. and Dra. Peni Suharti, M.Kes (2017) “KUALITAS NUGGET SECARA ORGANOLEPTIK BERDASARKAN VARIASI KONSENTRASI BAHAN DASAR AMPAS TAHU DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA”. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (351Kb)
    [img] PDF (Bab 1-5)
    Restricted to Repository staff only

    Download (748Kb)
      [img] PDF (Lampiran)
      Restricted to Repository staff only

      Download (2363Kb)

        Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai variasi konsentrasi ampas tahu pada nugget, sebagai pengganti tepung terigu. Aspek yang dinilai berkaitan dengan sifatorgano leptik nugget meliputi : warna, teksturaroma, rasa. Perbandingan ampas tahu yang digunakan adalah perpaduan dengan kadar 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, 100%. Penelitian eksperimen ini menggunakan alat bantu kuesioner. Dari hasik uesioner tersebut, data diolah dengan menggunakan uji Friedman kemudian dilanjutkan dengan uji Wilcoxon dengan menggunakan program SPSS untuk mengetahui adanya perbedaan nilai organol eptik nugget dengan variasi ampas tahu 20%, 40%, 60%, 80%, 100% jika dibandingkan dengan nugget original kadar ampas tahu 0%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setiap variasi konsentrasi nugget ampas tahu mempengaruhi sifat organol eptik meliputit ekstur, rasa, warna dan aroma. Konsentrasi maksima lampas tahu yang masih dapat diterima oleh masyarakat adalah nugget dengan perlakuan , dengan komposisi perban dingan kadar tepung terigu 40% dan ampas tahu 60%. Nugget dengan kadar ini menghasilkan perbedaan dengan nugget original, namun perbedaan tersebut masih dalam batas toleransi pada aspek rasa dan aroma . Kata kunci : Organoleptik, nugget, ampas tahu, limbah organik

        Item Type: Thesis (Other)
        Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
        Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
        Depositing User: Users 320 not found.
        Date Deposited: 10 Nov 2017 15:11
        Last Modified: 10 Nov 2017 15:11
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/531

        Actions (login required)

        View Item