UMSurabaya Repository

Online Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah

Arianto, Fajar and Mustaji, Mustaji and Kholidya, Citra Fitri and Hamsia, Waode (2021) Online Project Based Learning dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. ELSE (Elementary School Education Journal), 5 (1). pp. 1-10. ISSN 2597-4122

[img]
Preview
PDF (Penilaian Daring, Project Based Learning) - Published Version
Download (234Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (PEER REVIEW)
    Download (81Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (TURNITIN)
      Download (1980Kb) | Preview

        Abstract

        Pandemi covid-19 memiliki dampak dalam proses peningkatan kinerja guru. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Bojonegoro terkena dampak. Segala bentuk kegiatan pelatihan, workshop, serta MGMP terpaksa dihentikan selama masa pandemi covid-19. Sedangkan guru dalam meningkatkan kompetensi harus melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui publikasi ilmiah. Tujuan umum PKB adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Guru masih tergolong rendah dan kegiatan work from home (WFH) menjadi sebuah hambatan dalam guru mengembangkan kompetensi sehingga diperlukan pelatihan untk meningkatkan kompetensi profeisonal guru. Materi yang diberikan pada pelatihan publikasi ilmiah di arahkan pada penelitian praktis penulisan dengan menggunakan model project based learning. Metode penelitian dengan membandingkan hasil pretest dan posttest peserta dalam membuat karya ilmiah berdasarkan standar APA. Partisipan berjumlah 40 orang guru dengan masa kerja minimal 10 tahun. Pelatihan online project based learning pada penelitian ini dilakasnakan selama 3 bulan. Hasil dari pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan dilihat melalui hasil statistik dari nilai post-test yang lebih baik dari pre-test. Kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah telah mengalami peningkatan sehingga diperlukan untuk mempertahakan agar kualitas guru dalam menulis karya ilmiah dapat meningkat menjadi lebih baik.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Penilaian Daring, Project Based Learning, Kompetensi Berkelanjutan
        Subjects: L Education > L Education (General)
        T Technology > T Technology (General)
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: WAODE HAMSIA HAMSIA
        Date Deposited: 03 Nov 2021 14:41
        Last Modified: 03 Nov 2021 14:41
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5624

        Actions (login required)

        View Item