UMSurabaya Repository

Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay

Faradita, Meirza Nanda (2021) Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. Working Paper. CV. Jakad Media Publishing, Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Monograf Motivasi Belajar Siswa 2021)
Download (1763Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Peer Review Monograf Motivasi Belajar IPA 2021)
    Download (500Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Hasil Cek Plagiasi)
      Download (6Mb) | Preview

        Abstract

        Kegiatan pembelajaran IPA pada umumnya hanya dilakukan dengan ceramah dan pemberian tugas berupa soal latihan kepada siswa, sehingga kegiatan pembelajaran IPA tidak berjalan dengan maksimal dan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar siswa Mata Pelajaran IPA di sekolah dasar. Rancangan penelitian ini jenis kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest– posttest design. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan dianalisa dengan uji paired t test. Hasil uji paired t test menunjukkan bahwa nilai ρ kedua kelompok = 0,000, dengan α = 0,05. Hasil ini menunjukkan nilai ρ < α berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Menurut nilai t hitung menunjukkan nilai t hitung kelompok eksperimen = 8,074 dan nilai thitung kelompok kontrol = 5,037, pada tabel di atas didapatkan nilai df = 29 maka nilai t tabel dengan df = 29 dan α = 0,05 adalah 1.699. Hal ini menunjukkan nilai t hitung kedua kelompok lebih besar dari nilai ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima berarti dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh motivasi yang berbeda dibanding model pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas kontrol. Pengaruh motivasi belajar terlihat dari hasil pretest dan posttest yang diisi oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 37,6% model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Kedungturi Taman-Sidoarjo.

        Item Type: Monograph (Working Paper)
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: MEIRZA NANDA FARADITA
        Date Deposited: 25 Apr 2022 12:40
        Last Modified: 13 Jun 2022 09:51
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5640

        Actions (login required)

        View Item