UMSurabaya Repository

Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19

Faradita, Meirza Nanda and Afiani, Kunti Dian Ayu (2021) Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1 (3). pp. 258-266. ISSN E-ISSN 2774-6240

[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi Jurnal Pengabdian Altifani)
Download (2904Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Artikel Jurnal Pengabdian Altifani 2021)
    Download (42Mb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Peer Review Artikel Pengabdian Jurnal Altifani 2021)
      Download (499Kb) | Preview

        Abstract

        Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu guru-guru SD di wilayah Kota Surabaya dalam merancang perencanaan pembelajaran yaitu RPP dengan evaluasinya sesuai dengan kurikulum darurat covid-19. Menurut Keputusan Mentri Kemendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus darurat covid-19 maka dilakukan penyederhanaan kurikulum sehingga dapat memudahkan siswa untuk belajar di rumah dan siswa tidak terbebani dengan kompetensi dasar yang begitu banyak. Dalam kurikulum ini menjelaskan bahwa adanya pemangkasan beberapa kompetensi dasar sehingga terciptanya kompetensi dasar esensial sebagai pedoman guru dalam mengajar secara daring dari rumah. Penyusunan RPP ini pada Langkah kegiatannya terdiri dari kegiatan literasi dan numerasi saja dikarenakan Kecakapan literasi membangun kecakapan hidup yang meningkatkan ketahanan peserta didik untuk melalui masa pandemic sedang numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.sedangkan evaluasinya hanya dilakukan evaluasi non-kognitif yang ditujukan untuk mengukur aspek psikologis dan kondisi emosional siswa, seperti kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, kesenangan siswa selama belajar dari rumah, serta kondisi keluarga siswa(Novianti 2020). Metode yang digunakan dengan ceramah, presentasi, penugasan, praktik dan tanya jawab. Pelatihan ini dilakukan melalui platform zoom dan whatsapp grup. Diperoleh hasil bahwa peserta pelatihan sangat antusias dengan kebaruan rancangan perencanaan pembelajaran ini agar segera dapat diterapkan kepada siswa saat pembelajaran dari rumah, karena pembelajaran dari rumah juga butuh bantuan dan dukungan penuh dari orangtua agar pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > L Education (General)
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: MEIRZA NANDA FARADITA
        Date Deposited: 13 May 2022 12:30
        Last Modified: 13 May 2022 12:30
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5642

        Actions (login required)

        View Item