UMSurabaya Repository

The Learning of Literature for Children Character Development

Affandy, Ali Nuke and Sujinah, Sujinah and Muammar, M. Arfan (2020) The Learning of Literature for Children Character Development. In: International Seminar on Language, Literature, and Education (ISELL-ED): Language, Literature, Language Education During the Covid-19 Pandemic. STKIP PGRI Sumatera Barat, Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa , Padang, Sumatera Barat, pp. 68-77. ISBN 978-623-7003-83-0

[img]
Preview
PDF (Artikel ISELL-ED)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sastra dipercaya memunyai peran sebagai salah satu alat pendidikan dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian anak, peran sebagai character building. Sastra memiliki sumbangan yang besar bagi perkembangan kepribadian, kecerdasan, dan pengalaman dalam proses menuju kedewasaaan sebagai manusia seutuhnya. Kematangan kepribadian, kecerdasan, dan luasnya wawasan dibentuk dan terbentuk melalui lingkungan di sekitarnya, termasuk lingkungan kegiatan bersastra yang berlangsung pada kehidupan mereka. Peran sastra itu akan lebih terasa jika diperoleh sejak manusia dikategorikan sebagai seorang anak dengan pembelajaran sastra anak yang berbasis pengembangan karakter. Peran utama sastra itu bisa dilakukan dunia pendidikan terutama oleh seorang guru di tingkat pendidikan dasar dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah. Karena selama ini yang dijadikan sumber kelemahan dan kekurangan pembelajaran sastra yang utama selalu tertuju pada guru. Oleh karena itu seharusnya guru harus motivasi diri untuk mau dan mampu memperbaiki mutu pembelajaran yang mereka lakukan di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tersedianya sumber pembelajaran materi sastrayang berlimpah, seharusnya menjadikan pembelajaran sastra anak berperan sebagai: 1) pembelajaran yang menyenangkan, 2) pembelajaran yang bermanfaat, dan 3) pembelajaran yang mendasarkan pada tingkat kecerdasan otak akan mengembangkan karakter anak.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: character, learning, and children literature
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ali Nuke Affandy
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:55
Last Modified: 13 Jan 2022 11:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5723

Actions (login required)

View Item View Item