UMSurabaya Repository

“Optimalisasi Keluarga dalam Penggunaan Design Game Flash Card Terhadap Peningkatan Membaca pada Anak Retradasi Mental Ringan di SDLB/C Alpha Kumara Wardana II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya”

Gita Marini , S.Kep.,Ns M.Kes and Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns M.Kes and Erfan Rofiqi, S.Kep., Ns, M.Kep and Lusinta Dwi Kurniawati, Mahasiswa and Amirah Rofifah Taqiyyah, Mahasiswa (2020) “Optimalisasi Keluarga dalam Penggunaan Design Game Flash Card Terhadap Peningkatan Membaca pada Anak Retradasi Mental Ringan di SDLB/C Alpha Kumara Wardana II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya”. Project Report. Universitas Muhammadiyah Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (“Optimalisasi Keluarga dalam Penggunaan Design Game Flash Card Terhadap Peningkatan Membaca pada Anak Retradasi Mental Ringan di SDLB/C Alpha Kumara Wardana II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya”.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan neurologis seperti cacat otak dan kekurangmatangan secara fisik merupakan salah satu yang dapat menyebabkan anak retardasi mental ringan tidak berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hambatan yang dialami anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam berbahasa, khususnya pada aspek membaca. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan peran keluarga dalam penggunaan Aplikasi Game Flash Card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Pengabdian ini menggunakan rancangan pengabdian Pre-experimental Design dengan menggunakan pendekatan One group pre test-post test design. Populasi dan sampelnya adalah seluruh keluarga retardasi mental ringan kelas 1-3 berjumlah 30 anak di SDLB/C Alpha Kumara Wardhana II dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Variable independent (Pembelajaran menggunakan Game Flash Card) dan variable dependent (Peningkatan Membaca). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikan ≤ 0,05. Hasil pengabdian menunjukan : terdapat 2 responden (5%) memiliki kategori sangat baik dalam penggunaaan aplikasi, 10 responden (30%) memiliki kategori baik, 18 responden (61,7 %) memiliki kategori cukup, dan 1 responden (3.3 %) memiliki kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa keluarga telah menggunakan game flash card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Peneliti berikutnya agar dapat menerapkan inovasi terbaru dalam pembelajaran pada anak retardasi mental ringan dan menganalisis peningkatan membaca. Kata Kunci : Game Flash Card, Membaca, Keluarga Anak Retardasi Mental

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: GITA MARINI MARINI
Date Deposited: 28 Dec 2021 11:42
Last Modified: 07 Jan 2022 10:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5791

Actions (login required)

View Item View Item