UMSurabaya Repository

Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital

Huda, Fatkur and Sukadiono, Sukadiono Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital. Aksiologiya. ISSN 2528-4967 E-ISSN : 2548-219x

[img]
Preview
PDF (Artikel)
Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Plagiasi)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Data BPS di tahun 2019 menunjukkan ada sekitar 20% (atau 54,9 juta jiwa) penduduk Indonesia yang tergolong dalam kategori kelompok rentan miskin, dan lebih dari separuh penduduk tergolong dalam kategori menjelang kelas menengah (aspiring middle class). Kedua kelompok ini rentan untuk kembali jatuh miskin apabila mengalami guncangan, seperti kehilangan pekerjaan, sakit berkepanjangan, gejolak harga pangan, ataupun bencana seperti yang dialami selama krisis COVID�19. Sebagai upaya mitigasi dalam melakukan proses membangitkan ekonomi dikalangan muda, khususnya bagi Angkatan muda Muhammadiyah di kecamatan Gubeng yang merupakan masyarakat terdampak pandemi sehingga perlu adanya trobosan dalam upaya pendampingan dalam melakukan upaya mitigasi dampak pandemic khususnya pada sector ekonomi (UMKM). Pendampingan yang dialakukan adalah dalam bentuk memberikan wawasan tentang online selling dan meberikan praktik tentang aplikasi masketplace. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Hasilnya adalah bahwa dalam upaya pendampingan online selling Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gubeng menunjukkan peran antusias untuk melakukan proses migrasi system penjualan dengan pendekatan konvensional menuju pendekatan digital yakni dengan melakukan online selling pada platform digitalData BPS di tahun 2019 menunjukkan ada sekitar 20% (atau 54,9 juta jiwa) penduduk Indonesia yang tergolong dalam kategori kelompok rentan miskin, dan lebih dari separuh penduduk tergolong dalam kategori menjelang kelas menengah (aspiring middle class). Kedua kelompok ini rentan untuk kembali jatuh miskin apabila mengalami guncangan, seperti kehilangan pekerjaan, sakit berkepanjangan, gejolak harga pangan, ataupun bencana seperti yang dialami selama krisis COVID�19. Sebagai upaya mitigasi dalam melakukan proses membangitkan ekonomi dikalangan muda, khususnya bagi Angkatan muda Muhammadiyah di kecamatan Gubeng yang merupakan masyarakat terdampak pandemi sehingga perlu adanya trobosan dalam upaya pendampingan dalam melakukan upaya mitigasi dampak pandemic khususnya pada sector ekonomi (UMKM). Pendampingan yang dialakukan adalah dalam bentuk memberikan wawasan tentang online selling dan meberikan praktik tentang aplikasi masketplace. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Hasilnya adalah bahwa dalam upaya pendampingan online selling Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gubeng menunjukkan peran antusias untuk melakukan proses migrasi system penjualan dengan pendekatan konvensional menuju pendekatan digital yakni dengan melakukan online selling pada platform digital

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Jurnal > Fakultas Agama Islam
Depositing User: SUKADIONO SUKADIONO SUKADIONO
Date Deposited: 29 Dec 2021 10:44
Last Modified: 29 Dec 2021 10:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5801

Actions (login required)

View Item View Item