UMSurabaya Repository

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis Struktur Objektif

Musrifatul Uliyah, S.ST., M.Kes and Aziz Alimul, S.Kep., NS., M.Kes. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis Struktur Objektif. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar kompetensi pengetahuan dan keterampilan mahasiswa keperawatan (73,2%) di Surabaya belum memenuhi harapan nilai dalam praktik keperawatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mempersiapkan proses belajar mengajar berbasis praktik, yang dimediasi oleh bahan ajar berbasis Objective Structure Clinical Examination (OSCE). Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan hasil pengembangan Objective Structure Clinical Examination (OSCE)- berdasarkan bahan ajar mata kuliah keperawatan dasar. Desain penelitian menggunakan research and development yang berbasis paper method dilakukan dalam enam tahap yaitu survei pendahuluan, pengembangan prototipe awal, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan deskripsi hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan sampel 240 mahasiswa dan 72 dosen di Surabaya, Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian berisi materi ajar keperawatan dasar. Materi ajar meliputi: konsep dan teori dasar keperawatan, keterampilan dasar keperawatan, contoh kasus dan asuhan keperawatan, dan soal�soal latihan ujian OSCE. Dalam pengembangan bahan ajar, diperlukan penjabaran kembali konsep dasar keperawatan dalam bahan ajar, dan penyajian materi secara singkat dan singkat. Selain itu, perlu diberikan contoh bahan ajar berbasis OSCE yang berbentuk studi kasus dan penyelesaiannya sesuai dengan OSCE dan Uji Kompetensi. Saran yang dapat diberikan agar hasil pengembangan materi dasar keperawatan berbasis OSCE dapat digunakan dalam pembelajaran dasar keperawatan karena pengayaan buku dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata kunci: Objective Structure Clinical Examination (OSCE), Keperawatan, Praktik, Keterampilan, Pengajaran, Materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: MUSRIFATUL ULIYAH ULIYAH
Date Deposited: 12 Jan 2022 09:41
Last Modified: 12 Jan 2022 09:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item