UMSurabaya Repository

Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah

Uswatun Hasanah, S.Kep.,NS.,M.Kes and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes and Winda Ramda Yanti, S.Kep., Ns Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah. Project Report. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemic Covid-19 di dapatkan bahwa mulai Maret 2019 dilakukan pembatasan aktivitas yang dapat berdampak pada krisis perkembangan anak yang salah satunya adalah perkembangan kemandirian social pada anak (WHO, 2019). Anak mengalami keterbatasan bermain dengan teman sebayanya dan aktivitas social lainnya yang dapat menstimulasi perkembangan kemandirian social nya. Perkembangan kemampuan social seharusnya diukur dan dilaporkan pada Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) tahun 2020 saat anak 4ating ke Posyandu atau dilaporkan pada hasil perkembangan anak saat berada di Sekolah Pendidiakn Anak Usia Dini (PAUD) juga . Masa Pandemi Covid-19 mengharuskan pelayanan Posyandu di Kota Surabaya dan kegiatan pelaksanaan sekolah PAUD dihentikan sehingga terjadi resiko tidak terpantaunya pertumbuhan dan perkembangan salah satunya adalah pertumbuhan kemandirian social. Dari hasil pengabdian 56 responden, didapatkan sebagaian besar perkembangan kemandirian sosial anak yang ada pada anak usia prasekolah di PAUD Kuncup Kenanga Dukuh Bulak Banteng Surabaya dengan kategori perkembangan kurang sesuai usia 13 responden (23,2%), kategori perkembangan sesuai usia 38 responden (67,9%), kategori perkembangan diatas rata-rata 5 responden (8,9%) dari 56 responden melalui pengukuran mengobservasi anak pada saat pengabdian dilakukan. Kata Kunci : Perkembangan Kemandirian Sosial, Anak Preschool, Pandemi Covid-19, Pola Asuh Orang Tua, Stimulus Perkembangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: USWATUN HASANAH
Date Deposited: 20 Feb 2022 06:19
Last Modified: 20 Feb 2022 06:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item