UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MA DARUSSALAM SAMPANG

MUSRIFAH, MUSRIFAH and Dra. Lina Listiana, M.Kes and Dra. Ruspeni Daesusi, M.kes (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MA DARUSSALAM SAMPANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (307Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (229Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (329Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (400Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (324Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (182Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2785Kb)

                Abstract

                Proses pembelajaran harusnya mampu mengembangkan sikap, karena selain pencapaian hasil belajar yang bagus, siswa perlu memiliki sikap yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dapat mengembangkan sikap sosial dan hasil belajar siswa di MA Darussalam Sampang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 dengan jumlah 30 siswa di MADarussalam. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial siswa berkembang, hal itu ditunjukkan dari hasil pengamatan sikap sosial siswa sebesar 89,37% dengan kategori baik. Dengan perolehan nilai tanggung jawab sebesar 90% dengan kategori baik, toleran sebesar 86,66% dengan kategori baik, disiplin 89,16% dengan kategori baik dan kerjasama memperoleh nilai sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Respon siswa yang menyatakan pembelajaran dengan model PBM menyenangkan, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 90% sehingga dikatakan tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBM dapat mengembangkan sikap sosial dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pencemaran lingkungan di MA Darussalam Sampan Madura. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), sikap sosial, hasil belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 13 Nov 2017 13:26
                Last Modified: 13 Nov 2017 13:26
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/611

                Actions (login required)

                View Item