UMSurabaya Repository

PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI AUD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM

Saida, Naili (2021) PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI AUD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 8 (1). pp. 1-7. ISSN 2528-3553

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (888Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Plagiasi) - Published Version
    Download (1752Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Peer Review) - Published Version
      Download (1045Kb) | Preview

        Abstract

        Pemahaman konsep geometri pada anak penting untuk dikembangkan karena dalam kehidupan sehari-hari cenderung sering kita perlukan, melalui konsep geometri anak mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep geometri anak usia dini melalui pembelajaran berbasis STEAM. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pre experiment one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara. Indikator dalam penelitian ini diantaranya: mengelompokkan bentuk geometri berdasarkan warnanya, pengelompokan geometri berdasarkan bentuk, pengelompokan geometri menurut ukuran, dan menyebutkan benda disekitar yang berbentuk geometri. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Thitsebesar 0 dan Ttab=3 dengan taraf signifikansi 5% dan N=10. Diketahui Thit≤ Ttab, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis STEAM mampu mengembangkan pemahaman konsep geometri anak usia dini. Pengembangan geometri pada penelitian ini lebih pada inovasi model pembelajaran yang diterapkan yaitu dengan pembelajaran berbasis STEAM yang mampu membuat anak lebih aktif dalam pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat melakukan penelitian pengembangan pemahaman konsep geometri pada aspek lain dengan meningkatkan kualitas dari segi pelaksanaan atau media yang mampu mencapai hasil yang optimal.

        Item Type: Article
        Subjects: L Education > L Education (General)
        L Education > LB Theory and practice of education
        Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        Depositing User: NAILI SA'IDA SA'IDA
        Date Deposited: 22 Apr 2022 13:04
        Last Modified: 22 Apr 2022 13:04
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6176

        Actions (login required)

        View Item